Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogspot

Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogspot - Baru-baru ini, blogspot memberikan fitur HTTPS untuk domain blogspot. Pasti dari kamu semua yang membaca tulisan ini ada beberapa yang bertanya-tanya, apa sih HTTPS? Apa fungsi HTTPS ini? Oke, saya akan mencoba memberikan jawaban singkat mengenai apa itu HTTPS beserta fungsinya.

HTTPS memiliki kepanjangan Hipertext Transfer Protocol Secure yaitu sebuah urutan data transaksi permintaan dan respons jaringan dengan menggunakan protokol HTTPS. HTTPS memiliki kesamaan fungsi dengan HTTP, yaitu untuk sistem informasi yang terdistribusi menggunakan hipermedia dalam pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan sehingga disebut dengan dokumen hiperteks yang kemudian membentuk World Wide Web.

Namun, HTTPS lebih memiliki keamanan yang lebih kuat karena semua komunikasi pada protokol HTTPS akan dienkripsi dengan tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet. Sehingga penggunaan HTTPS pada sebuah web / blog, akan meminimalisir adanya kejahatan yang dilakukan oleh seseorang yang sering disebut hacker untuk mencuri data klien untuk kepentingan mereka. Tentunya HTTPS menjadi pilihan mereka yang ingin mengamankan data penting miliknya ataupun milik klien pada web / blog yang ia kembangkan.

Bagi para blogger, kamu bisa memakai HTTPS ini pada blogspot saat ini, dan saya akan berbagi bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogspot dengan mudah. Untuk kamu yang ingin menggunakan tingkat keamanan yang lebih terjamin pada blog kamu, perhatikan beberapa langkah yang akan saya ulas berikut ini.

Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blog

1. Buka terlebih dahulu akun blogspot kamu di www.blogger.com, kemudian buat blog baru atau pilih blog yang sudah ada di dasbor akun blogspot kamu.
2. Kemudian, pilih menu "Setelan" pada blog. Pada submenu "Dasar", akan tampil setelan HTTPS seperti gambar di bawah ini.
Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogspot
Langkah 1 - Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogspot

3. Setelah itu, pada "Setelan HTTPS" ganti menjadi "YA" pada keterangan "Ketersediaan HTTPS" sehingga akan tampil seperti berikut ini.
Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogspot
Langkah 2 - Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogspot

4. Sampai langkah ke 4 ini, blog kamu sudah dapat menampilkan HTTPS. kamu dapat mencobanya dengan mengetikkan pada kolom url browser kamu dengan https://namablogkamu.blogspot.co.id, misalnya sebagai contoh dengan alamat blog saya yaitu https://firmanblogseo.blogspot.com seperti pada gambar berikut.
Cara Mengaktifkan Fitur HTTPS di Blogspot
Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogspot

Bagaimana, mudah bukan? cukup melakukan 4 langkah diatas, blog kamu sudah dapat menggunakan fitur HTTPS untuk lebih mengamankan blog kamu dari keisengan hacker atau peretas internet. Akan tetapi, dalam penggunaan fitur HTTPS ini, kamu akan menemui beberapa kesalahan konten yang terdapat protokol campuran. Maksud saya, pada konten/post dan template blog kamu pasti terdapat URL HTTP dalam atribut tag HTML (khususnya di tag img, video, audio, script, atau link). Untuk itu, saya juga akan memberikan beberapa langkah mengenai Cara Memperbaiki Kesalahan HTTPS di Blogspot, berikut langkah - langkahnya.

Cara Memperbaiki Kesalahan HTTPS di Blog

Ada kemungkinan kesalahan HTTPS berada dalam sumber dari salah satu laman atau pos.
  1. Pada dasbor blog, klik Pos atau Laman.
  2. Gunakan daftar alamat blog yang kamu buat saat memeriksa adanya kesalahan. Temukan pos atau laman dan klik Edit.
  3. Di kiri atas, klik HTML.
  4. Di bagian atas browser kamu, klik Edit > Cari > Cari...
  5. Telusuri “http ://”.
  6. Jika Anda menemukan URL HTTP dalam atribut tag HTML (khususnya di tag img, video, audio, script, atau link), ubah "http ://" ke "https://".
  7. Verifikasikan bahwa setiap URL tersedia melalui HTTPS dengan memasukkannya ke dalam jendela baru di browser kamu. Jika tautan HTTP dan HTTPS memberikan hasil yang sama, berarti semuanya bekerja.
  8. Klik Perbarui untuk menyimpan pos atau laman.
  9. Periksa kembali blog kamu terhadap kesalahan untuk memverifikasi bahwa kesalahan tersebut sudah hilang.
Ada kemungkinan kesalahan HTTPS berada dalam sumber dari template kamu.
  1. Pada dasbor blog kamu, klik Template.
  2. Klik Edit HTML.
  3. Klik konten template, kemudian tekan Ctrl+F.
  4. Telusuri “http ://”.
  5. Jika Anda menemukan URL HTTP dalam atributtag HTML (khususnya di tag img, video, audio, script, atau link), ubah "http ://" ke "https://".
  6. Verifikasikan bahwa setiap URL tersedia melalui HTTPS dengan memasukkannya ke dalam jendela baru di browser kamu. Jika tautan HTTP dan HTTPS memberikan hasil yang sama, berarti semuanya bekerja.
  7. Klik Simpan template.
  8. Periksa kembali blog kamu terhadap kesalahan HTTPS untuk memverifikasi bahwa kesalahan tersebut sudah hilang.
Untuk lebih jelasnya mengenai Cara Memperbaiki Kesalahan penggunaan HTTPS pada Blogspot, silahkan kunjungi link Memperbaiki Kesalahan HTTPS di Blog.

Sekian yang dapat saya ulas mengenai Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogspot. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu para Blogger tanah air. Semoga kita semakin kreatif untuk berkarya dan memberikan informasi menarik di bidang IT ini agar kedepannya Indonesia menjadi lebih baik lagi. Jangan lupa untuk menghargai apa yang saya buat pada ulasan diatas ini dengan cara menshare informasi ini menggunakan tombol share yang tersedia dibawah. Terimakasih sudah mampir dan membaca di FirmanBlogSeo. Salam Blogger!

5 komentar